Pasar Lebaran 2017

“Aku Cinta Produk Sleman yang Kreatif dan Inovatif”

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Pasar Lebaran dari hari Senin, tanggal 12 Juni  s/d hari Sabtu, tanggal 17 Juni 2017 pukul 09:00 s/d 15:00 WIB, bertempat di Halaman Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Jalan Parasamya No.8 Beran, Tridadi, Sleman.

Tujuan dilaksanakannya Pasar Lebaran adalah untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk dari 62 UMKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman kepada masyarakat Sleman. Dengan dikenalnya produk tersebut maka diharapkan masyarakat Sleman akan terus mempergunakan produk-produk lokal hasil usaha pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Sleman. Selain sebagai ajang promosi produk lokal, Pasar Lebaran juga bertujuan untuk membantu masyarakat Sleman dalam memenuhi berbagai kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau.

Dengan tema ”Aku cinta produk Sleman yang kreatif dan inovatif” diharapkan akan mampu menggugah masyarakat  untuk sadar menggunakan produk unggulan daerah sendiri, baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok maupun kebutuhan penunjang lebaran lainnya seperti makanan, minuman, fashion, dan aksesoris. Selain memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar daerah, produk-produk hasil usaha pelaku UMKM Sleman juga kreatif dan inovatif. Bagi masyarakat umum tersedia juga sembako murah antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi. Sedangkan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Desa Tridadi. tersedia paket tebus murah sembako seharga Rp 65.000,- cukup dibayar dengan RP 30.000,-.

Guna menarik pengunjung untuk datang ke Pasar Lebaran, akan disediakan aneka kue kering, minuman, makanan siap saji, pakaian, batik, kerajinan, aksesoris dan akan ditampilkan aneka produk unggulan UMKM Sleman dengan harga murah. Pasar Lebaran juga akan dimeriahkan dengan acara: penampilan kelompok Qasidah “Nggayuh Swargo”, penampilan Band Bank Sleman, penampilan Paksi Band, penampilam Orkes Melayu Radio Cebongan, penampilan Band Akustik Robbrs, Demo Make Up dan Kreasi Hijab Wrdah, lomba Fashion Show bagi PNS Pemerintah Kabupaten Sleman, Fashion Show oleh Asosiasi Batik Mukti Manunggal, lomba Menyanyi serta Organ Tunggal.

Pembukaan Pasar Lebaran akan dilakukan pada hari Senin tanggal 12 Juni 2017 oleh Bupati Sleman dan sekaligus akan di-launching Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman. RKB Sleman merupakan program yang diinisiasi oleh BUMN dalam hal ini Bank BNI 46 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM. RKB Sleman merupakan komitmen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman dan BNI 46 sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). RKB Sleman dibentuk sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk belajar memecahkan permasalahan UMKM yang ada saat ini misalnya masalah pemasaran, digitalisasi atau e-commerce, desain dan branding UMKM.

Pasar Lebaran merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam upaya membantu pemasaran produk UMKM serta memudahkan masyarakat guna mendapatkan kebutuhan pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Leave a Reply