Pelayanan yang diberikan UPT Pelayanan Metrologi Legal

Pelayanan Tera, Tera Ulang, dan/atau Kalibrasi alat UTTP yang wajib ditera dan ditera ulang sesuai Peraturan Menteri Perdagangan No. 08/M-DAG/PER/3/2010 tanggal 3 Maret 2010.
1. alat ukur panjang;
2. takaran;
3. alat ukur dari gelas;
4. anak timbangan;
5. timbangan;
6. alat ukur cairan dinamis;
7. alat ukur gas;
8. meter air dan meter cairan minuman yang lain;
9. alat ukur energi listrik (Meter kWh);
10. tangki ukur;
11. bejana ukur;
12. meter taksi;
13. meter kadar air;
14. alat ukur tinggi;
15. alat ukur gaya dan tekanan;
16. perlengkapan UTTP;

Untuk Pelayanan UTTP diKalibrasi adalah:
1. alat ukur waktu; dan
2. alat ukur suhu.

b. Pengujian Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) atau Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).
Pelaksanaan Pelayanan Tera/Tera Ulang meliputi:
1. di kantor UPT Pelayanan Metrologi Legal
2. di pasar (Sidang Tera Ulang)
3. di tempat UTTP terpasang

Definisi-definisi yang terkait dengan pelayanan tera dan tera ulang adalah:

  1. Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya yang selanjutnya disingkat UTTP adalah alat-alat sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.
  2. Barang Dalam Keadaan Terbungkus yang selanjutnya disingkat BDKT adalah barang atau komoditas tertentu yang dimasukkan ke dalam kemasan tertutup, dan untuk mempergunakannya harus merusak kemasan atau segel kemasan yang kuantitasnya telah ditentukan dan dinyatakan pada label sebelum diedarkan, dijual, ditawarkan, atau dipamerkan.
  3. Tera adalah hal menandai dengan tanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, atau memberikan keterangan tertulis yang bertanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai-pegawai yang berhak melakukannya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas UTTP yang belum dipakai.
  4. Tera Ulang adalah hal menandai secara berkala dengan tanda-tanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku atau memberikan keterangan-keterangan tertulis yang bertanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai-pegawai yang berhak melakukannya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas UTTP yang telah ditera.
  5. Kalibrasi adalah kegiatan oleh tenaga ahli yang berhak untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukan alat ukur dan/atau bahan ukur.
  6. Pengujian adalah keseluruhan tindakan teknis yang dilakukan oleh penera untuk membandingkan alat ukur dengan standar satuan ukuran yang sesuai guna menetapkan sifat/karakteristik UTTP (sifat metrologis), menentukan besaran, atau kesalahan pengukuran.
  7. Pengujian Barang Dalam Keadaan Terbungkus yang selanjutnya disingkat pengujian BDKT adalah pengujian kuantitas barang yang ditempatkan dalam bungkusan atau kemasan tertutup yang untuk mempergunakannya harus merusak pembungkusnya atau segel pembungkusnya

Leave a Reply